04/07/2017

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog


Layanan Contact Us merupakan salah satu menu yang wajib ada di dalam sebuah blog atau website. Jika anda baru saja membuat dan memulai membangun sebuah blog baru maka menu contact us ini wajib tersedia di dalam menu blog anda.

Menu Contact Us ini memiliki peranan yang amat penting bagi sebuah blog terutama untuk blog baru yang masih dalam tahap pengembangan.

Menu Contact Us ini berfungsi sebagai sarana komunikasi yang bersifat privasi/pribadi antara pengunjung blog kepada admin blog (pengelola/pemilik blog) yang ingin menyampaikan saran dan kritiknya terhadap blog anda atau juga bisa sebagai sarana komunikasi untuk menjalin kerjasama antara pengunjung blog dan si admin blog.

Menu Contact Us ini memiliki berberapa nama lain yang cukup populer diantaranya "Hubungi Kami", "Contact Me", "Kotak Saran" atau "Contact Form" yang kesemuanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sarana komunikasi antara pengunjung blog dengan admin/pemilik blog.

Sebelum anda memutuskan untuk membuat menu Layanan "Contact Us" di Blog anda. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu diantaranya tentang kelebihan dan kekurangan memasang menu "Contac us" ini ke dalam blog anda.

Kelebihan Membuat atau memasang Menu Contact Us di Blog
  1. Pengunjung Blog dapat menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada admin blog mengenai suatu topik artikel blog atau diluar topik artikel blog dengan keterjagaan privasi pengunjung blog tersebut.
  2. Pengunjung dapat memberikan saran dan kritiknya kepada admin blog untuk mengembangkan blog yang dikelolanya menjadi lebih baik lagi.
  3. Sebagai sarana komunikasi untuk menjalin kerjasama antara pengunjung blog dan admin blog.
  4. Layanan Contact Us ini merupakan salah satu prasyarat yang wajib ada jika blog yang anda kelola ingin mendaftar dan bekerjasama dengan Google Adsanse.

Adapun kekurangan memasang menu "Contac Us"/ "Contact Form" ini yaitu Adanya penyalahgunaan yang dilakukan oleh pengunjung blog iseng atau usil dengan mengirimkan pesan yang tidak penting, tidak jelas atau apalah yang intinya spam yang bisa membuat anda jengkel atau marah jika hal itu terus-terus dilakukannya.

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog.
Ada banyak sekali cara untuk membuat menu Contact Us ini. Menu Contact Us di Blog bisa anda buat sendiri jika anda memang menguasai script HTML, atau juga bisa anda buat dengan menggunakan layanan gratis penyedia contact us di internet ataupun anda juga dapat menggunakan widget gratis bawaan dari blogspot semua itu terserah pada keputusan anda.

Namun pada artikel tutorial kali ini, penulis ingin membahas cara membuat menu contact us dari penyedia layanan gratis contact us dengan menggunakan layanan dari "123ContactFrom"

#Cara Mudah Membuat Contact Us/Contact Form Keren dengan 123ContactForm
1. Silahkan anda pergi ke situs 123ContactForm
2. Buatlah akun pada website tersebut dengan mengklik Sign Up for  FREE

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog01


3. Lalu pilih Sign Up BASIC Free Always seperti gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog1


4. Silahkan isi form daftar yang sudah tersedia. Isi dengan Email anda, Password, dan Confirm Password , lalu klik "Create"

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog2

5. Kemudian, pada tampilan Dashboard silahkan anda pilih "Contact Form" seperti pada gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog3


6. Selanjutnya, akan muncul tampilan Contact Form, anda bisa edit sesuai dengan yang diinginkan. Jika ingin mendelete kolom yang tidak diinginkan anda tinggal klik saja maka akan muncul tombol delete seperti pada gambar di bawah ini: (Pada Contact Us Blog ini, saya mendelete kolom "Phone")

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog4


7. Jika sudah mengedit Contact Form(Us)nya menjadi sesuai keinginan anda, maka selanjutnya anda bisa klik "Publish Form" seperti gambar di bawah ini:

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog5


8. Langkah Terakhir, Silahkan anda pilih dan klik "Blogger" maka akan muncul kode HTML silahkan anda Copy kode tersebut dan pastekan di laman (page) blog anda.

Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog6

Note : Semua Pesan yang dikirim oleh pengunjung Blog akan masuk ke Email yang anda gunakan untuk mendaftar tadi.


##Cara memasang Contact Us di Halaman Statis Blog
Setelah anda mengCopy kode HTML Contact Us tadi, maka langkah selanjutnya anda tinggal memasangnya di halaman blog anda. Untuk langkah-langkah ikuti tutorial di bawah ini:
1. Silahkan anda login ke Blogger
2. Klik Laman >>Laman Baru
3. Berilah Judul Laman dengan "Contact Us","Hubungi Kami","Contact Me", "Kotak Saran" atau yang lainnya sesuai dengan keinginan anda dan pastekan kode HTML ContactFormnya dimode tab HTML sperti pada gambar di bawah ini:
Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog8

4. Publish

Setelah anda publish, coba anda lihat hasilnya maka kurang lebihnya tampilannya akan seperti di bawah ini :

Demo
Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog7

Kesimpulan :
Menu Contact Us di Blog merupakan salah satu menu yang amat penting kehadirannya di dalam blog atau website. Dengan menu Contact Us ini dapat memudahkan para pengunjung blog untuk berkomunikasi secara pribadi kepada pemilik blog dalam menyampaikan pertanyaan, saran dan kritiknya kepada anda sang admin/pemilik blog.

Menu contact us ini memiliki banyak nama diantaranya "Hubungi kami", Kotak Saran" Contat Me dan lain sebagainya.

Dan Adapun cara membuat Layanan Contact Us di Blog ada banyak sekali caranya salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan penyedia layanan gratis "Contact Us" dari 123ContactForm.


Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel "Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog". semoga artikel yang singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda serta bermanfaat bagi yang membutuhkannya.


Salam sukses & Happy Blogging !!!

Artikel Terkait

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog Caraono.com

1. Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan
2. No Link Aktif
3. Mohon Maaf apabila ada pertanyaan anda yang belum atau tidak bisa dijawab karena saya manusia biasa bukan Google


Thanks for visiting and the comment :)
EmoticonEmoticon