18/02/2018

Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part. 2

Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part. 2

Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 No. 6 - 10_Hallo, Sobat Pejuang UN. Kali ini saya akan membahas Soal UN Matematika SMA IPA tahun 2017 part 2. Pada edisi kali ini soal-soalnya berisikan materi tentang :

  1. Invers Fungsi Komposisi
  2. Menentukan Fungsi Jika Komposisi Fungsi dan Sebuah Fungsi Lain Diketahui_Komposisi Fungsi
  3. Jumlah dan Hasil Kali Akar-akar Persamaan Kuadrat
  4. Menentukan Jenis Akar Persamaan Kuadrat_Diskriminan Persamaan Kuadrat
  5. Menyusun Persamaan Kuadrat Baru

Nah, bagi sobat pejuang UN yang ingin mengetahui pembahasan sebelumnya silahkan sobat klik pada tautan di bawah ini :
1. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part.1 No. 1 - 5
2. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part.2 No. 6 - 10
3. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part.3 No. 11-15
4. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part.4 No. 16-20
5. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part.5 No. 21-25
6. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part.6 No. 26-30
7. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part 7 No. 31-35
8. Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part 8 No. 36-40

Soal Nomor 6
Jika fungsi $f \left (x \right) = \dfrac {2x + 3}{x - 5}, x \neq 5$ dan $g \left (x \right) = 3x + 1$ maka $\left (g \circ f\right)^{-1} \left(x \right) = ...$

A. $\dfrac {5x + 4}{x + 7}, x \neq -7 $

B. $\dfrac {5x + 7}{x - 4}, x \neq 4 $

C. $\dfrac {5x + 4}{x - 7}, x \neq 7 $

D. $\dfrac {5x - 4}{x - 7}, x \neq 7 $

D. $\dfrac {5x - 7}{x - 4}, \neq 4 $

Pembahasan Soal Nomor 6
Penyelesaian :
Sebelum kita mencari nilai dari komposisi fungsi $\left (g \circ f\right)^{-1} \left(x \right)$. Pertama-tama kita harus mencari nilai dari komposisi fungsi $\left (g \circ f\right) \left(x \right)$ terlebih dahulu.

Fungsi $\left (g \circ f\right) \left(x \right)$ adalah adalah fungsi $g$ yang dinyatakan dalam $f \left(x\right)$. hal ini berarti kita harus bepatokan pada $g \left(x\right)$

$\left (g\circ f \right)\left ( x \right) = g\left [ f\left ( x \right) \right]=g\left (\dfrac {2x + 3}{x - 5} \right)$

$\begin {align} g \left ({\color{red} x} \right) & = 3{\color{red}x} + 1 \\ \left ( g\circ {\color{red}f} \right)\left ( x \right) & = 3 {\color{red} {f\left(x \right)}} + 1 \\ \\ & = 3 \left [\dfrac {2x + 3}{x - 5} \right] + 1 \\ \\ & = \dfrac {6x + 9}{x - 5} + 1\\ \\ & = \dfrac {6x + 9}{x - 5} + \dfrac {x - 5}{x - 5} \\ \\ & = \dfrac {7x + 4}{x - 5} \end {align}$

Selanjutnya, kita cari invers dari $\left (g \circ f\right) \left(x \right)$ dengan menggunakan rumus di bawah ini :
Jika $f\left ( x \right )=\dfrac{ax + b}{cx + d}$  maka  $f^{-1}\left ( x \right )=\dfrac{-dx + b}{cx - a}$

$\left (g\circ f \right)\left ( x \right) = \dfrac {7x + 4}{x - 5}$

Dari bentuk fungsi $\left (g\circ f \right)\left ( x \right)$ di atas, kita peroleh data-data sebagai berikut: $a=7, \, b=4, \, c=1$ dan $d=-5.$ Selanjutnya angka-angka tersebut tinggal kita masukkan ke rumus invers di atas tersebut.

Dengan demikian maka,
$\begin {align} \left (g \circ f\right)^{-1} \left(x \right) & = \dfrac{-dx + b}{cx - a} \\ \\ & = \dfrac {5x + 4}{x - 7} \end {align}$

Jadi, invers dari fungsi komposisi tersebut adalah $\dfrac {5x + 4}{x - 7}, x \neq 7 $

Jawab : C


Soal Nomor 7
Diketahui $f:R \rightarrow R$ dan $g:R \rightarrow R$. Jika $g \left (x \right) = 2x - 4$ dan $\left (g \circ f\right) \left (x \right) = 4x^{2} - 24x + 32$, fungsi $f \left (-2 \right)$ adalah .........
A. $12$
B. $24$
C. $32$
D. $50$
E. $96$
Pembahasan Soal Nomor 7
Penyelesaian :
Sebelum kita mencari nilai dari fungsi $f \left (-2 \right)$. Pertama-tama kita harus mencari rumus fungsi $f \left (x \right)$ terlebih dahulu.

Dik :
$g \left (x \right) = 2x - 4 \\ \left (g \circ f\right) \left (x \right) = 4x^{2} - 24x + 32$


Mencari rumus fungsi $f \left (x \right)$
$\begin {align} \left (g\circ f \right)\left ( x \right) & = g\left [ f\left ( x \right) \right] \\ \left (g \circ f\right) \left (x \right) & = 4x^{2} - 24x + 32 \\ g\left [ f\left ( x \right) \right] & = 4x^{2} - 24x + 32 \\ 2{\color{red} {f\left(x \right)}} - 4 & = 4x^{2} - 24x + 32 \\ 2 {\color{red} {f\left(x \right)}} & = 4x^{2} - 24x + 36 \\ {\color{red} {f\left(x \right)}} & = 2x^{2} - 12x + 18 \end {align}$

Setelah rumus fungsi ${\color{red} {f\left(x \right)}}$ diketahui, sekarang kita tinggal memasukkan $x = −2$ pada fungsi $f(x)$ tersebut.

Maka nilai fungsi $f(-2)$ adalah ....
$\begin {align} f\left(x \right) & = 2x^{2} - 12x + 18 \\ {\color{red} {f\left( -2 \right)}} & = 2\left(-2 \right)^{2} - 12\left(-2 \right) + 18 \\ & = 8 + 24 + 18 \\ & = 50 \end {align}$

Jadi, nilai dari $f(−2)$ adalah $50$

Jawab : D


Soal Nomor 8
Akar-akar persamaan $x^{2} - 2x - \left (p + 5\right) = 0$ adalah $x_{1}$ dan $x_{2}$, dengan ${x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} = 28$. Nilai $p$ yang memenuhi adalah .......
A. $-16$
B. $-14$
C. $-7$
D. $7$
D. $14$
Pembahasan Soal Nomor 8
Penyelesaian :
Dari persamaan kuadrat $x^{2} - 2x - \left (p + 5\right) = 0$ diperoleh :
$ \begin {align} a & = 1 \\ b & = -2 \\ c & = - \left (p + 5 \right) \\ & = -p - 5 \end {align}$

Jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
$x_{1} + x_{2} = -\dfrac {b}{a}= -\dfrac {-2}{1}= {\color{red} 2}$

$x_{1} \times x_{2}= \dfrac {c}{a} = \dfrac {-p - 5}{1} = {\color{red}{-p - 5}}$

Diketahui :
${x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} = 28$

Pertama, kita jabarkan ${x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2}$ menjadi:
$\begin {align} \left ({x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} \right) & = \left ({x_{1}} + {x_{2}} \right)^{2} \\ \left ({x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} \right) & = {x_{1}}^{2} + 2x_{1}.x_{2} + {x_{2}}^{2} \\ \left ({x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} \right) - 2x_{1}.x_{2} & = {x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} \\ {x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} & = \left ({x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} \right) - 2x_{1}.x_{2} \\ {x_{1}}^{2} + {x_{2}}^{2} & = \left ({x_{1}} + {x_{2}} \right)^{2} - 2x_{1}.x_{2} \\ 28 & = \left ({x_{1}} + {x_{2}} \right)^{2} - 2x_{1}.x_{2} \end {align}$

Sekarang, kita tinggal memasukan nilai jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat di atas ke :
$\begin {align} \left ({x_{1}} + {x_{2}} \right)^{2} - 2x_{1}.x_{2} & = 28 \\ \left ({\color{red} 2} \right)^{2} - 2 \left({\color{red}{-p - 5}} \right) & = 28 \\ 4 + 2p + 10 & = 28 \\ 2p + 14 & = 28 \\ 2p & = 28 - 14 \\ 2p & = 14 \\ p & = 7 \end {align}$


Jadi, nilai $p$ yang memenuhi persamaan kuadrat tersebut adalah $7$


Jawab : D


Soal Nomor 9
Jika persamaan kuadrat $x^{2} + \left (p + 1\right)x + \left (2 - p \right) = 0$ memiliki akar-akar yang tidak real, nilai $p$ yang memenuhi persamaan tersebut adalah ........
A. $-1 < p < 7$
B. $-7 < p < 1$
C. $-7 \leq p \leq 7$
D. $p \leq -7 \quad \text{atau} \quad p \geq 7$
E. $p < -7 \quad \text{atau} \quad p > 7$
Pembahasan Soal Nomor 9
Penyelesaian :
Jenis akar-akar persamaan kuadrat ditentukan oleh nilai Diskriminannya
Persamaan kuadrat yang akar-akarnya tidak real mempunyai diskriminan negatif $D < 0$.

Berdasarkan persamaan kuadrat $x^{2} + \left (p + 1 \right)x + \left (2 - p \right) = 0$ diperoleh nilai :
$\begin {align} a & = 1 \\ b & = p + 1 \\ c & = 2 - p \end {align}$

$\begin {align} D & < 0 \\ b^{2} - 4ac & < 0 \\ \left(p + 1 \right) - 4.1.\left (2 - p \right) & < 0\\ p^{2} + 2p + 1 − 8 + 4p & < 0 \\ p^{2} + 6p − 7 & < 0 \\ \left (p + 7 \right) \left (p − 1 \right) & < 0 \end {align}$

INGAT :
1. Jika tanda $ ... > 0$ maka $x < x_{\text {kecil}} \quad \text{atau} \quad x > x_{\text {besar}} $
2. Jika tanda $ ... < 0$ maka $x_{\text {kecil}} < x < x_{\text {besar}} $

Karena tanda pertidaksamaannya $"<"$ maka penyelesaiannya berada di antara $−7$ dan $1$.

$−7 < p < 1$


Jadi, nilai $p$ yang memenuhi persamaan kuadrat tersebut adalah $−7 < p < 1$

Jawab : B


Soal Nomor 10
Akar-akar persamaan kuadrat $3x^{2} - x - 5 = 0$ adalah $x_{1}$ dan $x_{2}.$ Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya $\left (3x_{1} -1 \right)$ dan $\left (3x_{2} -1 \right)$ adalah........
A. $x^{2} + x - 17 = 0$
B. $x^{2} + x + 13 = 0$
C. $x^{2} + x - 15 = 0$
D. $x^{2} - x - 15 = 0$
D. $x^{2} - x + 15 = 0$
Pembahasan Soal Nomor 10
Penyelesaian :
Rumus-rumus yang digunakan :
Untuk menyusun persamaan kuadrat baru kita dapat menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
Secara umum, rumus persamaan kuadrat baru adalah sebagai berikut :
${x}^{2} - $ Jumlah akar $x +$ hasil kali akar $= 0$
atau
$\mathbf{x^{2} - \left ( \alpha +\beta \right)x + \alpha\beta=0} $
Dengan $\alpha$ dan $\beta$ adalah akar-akar dari persamaan kuadrat baru.

Langkah-langah menyusun persamaan kuadrat baru
1. Tentukan jumlah akar persamaan kuadrat lama (awal)
2. Tentukan hasil kali akar persamaan kuadrat lama
3. Tentukan jumlah akar persamaan kuadrat baru
4. Tentukan hasil kali akar persamaan kuadrat baru
5. Susun persamaan kuadrat baru

Dari persamaan kuadrat lama $3x^{2} - x - 5 = 0$ diketahui :
$a = 3, \, b= -1, \, \text {dan} \, c = -5$

1. Jumlah akar persamaan kuadrat lama
$x_{1} + x_{2} = -\dfrac {b}{a}= -\dfrac {-1}{3}= {\color{red} {\dfrac {1}{3}}}$ ........(1)

2. Hasil kali akar persamaan kuadrat lama
$x_{1} \times x_{2}= \dfrac {c}{a} = \dfrac {-5}{3} = {\color{red} {-\dfrac {5}{3}}}$ .......(2)

Selanjutnya, kita tentukan jumlah akar dan hasil kali akar dari akar-akar persamaan kuadrat baru.

3. Jumlah akar persamaan kuadrat baru
$\begin {align} x_{1} + x_{2} & = \left (3x_{1} - 1 \right) + \left (3x_{2} - 1 \right) \\ & = 3x_{1} + 3x_{2} - 2 \\ & = 3 \left (x_{1} + x_{2}\right) - 2 \\ & = 3\left[{\color{red} {\frac {1}{3}}} \right] - 2 \\ & = -1 \end {align}$

4. Hasil kali akar persamaan kuadrat baru
$\begin {align} x_{1} \times x_{2} & = \left (3x_{1} - 1 \right)\times\left (3x_{2} - 1 \right) \\ & = 9x_{1}x_{2} - 3x_{1} - 3x_{2} + 1 \\ & = 9 \left (x_{1}x_{1} \right) - 3 \left (x_{1}+ x_{1}\right) + 1 \\ & = 9 \left[{\color{red} {- \frac {5}{3}}} \right] - 3 \left[{\color{red} {\frac {1}{3}}} \right] + 1 \\ & = - 15 - 1 + 1 \\ & = - 15 \end {align}$

5. Menyusun persamaan kuadrat baru dengan menggunakan rumus di atas.

Maka, persamaan kuadrat barunya adalah :
${x}^{2} - $ Jumlah akar $x + $ hasil kali akar $= 0$
$x^{2} + x - 15 = 0$

Jadi, persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya $ \left(3x_{1} − 1 \right)$ dan $\left (3x_{2} − 1 \right)$ adalah $x^{2} + x − 15 = 0$

Jawab : C


Demikianlah pembahasan soal UN Matematika SMA IPA  2017 part.2 No. 6 - 10 dan jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya di blog ini.

NEXT :
Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part.3 No. 11 - 15

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel sederhana ini yang berjudul "Pembahasan Soal UN Matematika SMA  No. 6 - 10". Semoga informasi yang terkandung dalam tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.


Salam sukses untuk kita semua....!!!


Note : Silahkan dikoreksi dan berikan komentar jika ada kesalahan atau masih ada keambiguan baik dalam soal maupun penyelesaian soal ini.

Artikel Terkait

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog Caraono.com

1. Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan
2. No Link Aktif
3. Mohon Maaf apabila ada pertanyaan anda yang belum atau tidak bisa dijawab karena saya manusia biasa bukan Google


Thanks for visiting and the comment :)
EmoticonEmoticon