05/07/2017

Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog

Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog

Halaman Privacy Policy merupakan salah satu dari 5 daftar halaman penting yang wajib ada disetiap Blog atau website. Bagi anda yang baru saja terjun ke dunia blogging ataupun yang sudah lama di dunia blogging tapi belum membuat halaman privacy policy untuk blognya, maka saran saya segeralah untuk membuatnya.

Ada banyak sekali cara untuk membuat halaman privacy policy untuk blog, anda bisa membuatnya sendiri secara manual dengan menuliskan kata-katanya sesuai dengan keinginan anda, ataupun anda juga bisa membuatnya secara online semua itu terserah pada keputusan anda.

Namun sebelum anda membuat halaman privacy policy untuk blog, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu (pengertian) privacy policy, tujuan membuat privacy policy dan apa saja manfaatnya untuk blog.

#1. Pengertian Privacy Policy
Privacy policy adalah suatu dokumen hukum yang memuat uraian-uraian informasi yang menjelaskan tentang aturan-aturan dan kebijakan yang dibuat dan dikeluarkan oleh pengelola atau pemilik blog. Privacy policy biasanya dimuat dalam suatu halaman khusus di blog atau website yang berisi informasi tentang pengelolaan situs, blog atau website tersebut seperti file log, cookies, kerjasama dengan pengiklan, children informasi, data pengunjung dan lain sebagainya.

#2. Tujuan Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog
  1. Untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban bersama
    Setelah membuat halaman privacy policy di blog diharapkan para pengujung blog dapat memahami segala peraturan dan kebijakan apapun yang dikeluarkan oleh pemilik blog demi kepentingan bersama. 
  2. Sebagai Prasyarat Google Adsanse
    Jika blog atau website anda ingin bekerja sama dengan google adsanse maka halaman privacy policy ini wajib ada di dalam blog anda. 
#3. Manfaat Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog
Adapun manfaatnya ialah blog atau website akan terlihat lebih profesiaonal dan kredibel, sehingga dapat dipercaya oleh para pengunjung blog ataupun oleh para pengiklan yang ingin mengajak berkerjasama dengan anda.

Setelah anda mengetahui apa itu privacy policy, tujuan membuat privacy policy dan manfaat privacy policy untuk blog. Maka tahap berikutnya adalah tahap pembuatan privacy policy untuk blog anda.

Pada artikel kali ini, penulis ingin berbagi tutorial cara mudah untuk membuat privacy policy untuk blog. Cara yang digunakan ialah cara pembuatan privacy policy secara online dengan menggunakan layanan dari situs http://www.privacypolicyonline.com/. Untuk langkah-langkah pembuatanya silahkan anda ikuti tutorial di bawah ini:


Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog
  1. Silahkan anda buka http://www.privacypolicyonline.com/
  2. Pada halaman depan terdapat sebuah form kosong yang harus anda isi. Lengkapi form tersebut dengan data yang sebenar-benarnya.
    #Pada kolom Your Site Title = Isi dengan nama blog anda.
    #Pada kolom Your Site URL = Isi dengan alamat blog anda.
    #Pada kolom Contact Link = Isi dengan alamat "Contact Us", atau "Hubungi Kami" atau "Contact Form" anda. (Jika anda belum punya silahkan anda Baca: Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog)
    #Pada kolom Email = Isi dengan Email milik anda

    Selanjutnya bagian cookies dan Advertiser on your site, silahkan anda ceklis
    sesuai dengan keinginan anda.

    Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog1

  3. Setelah selesai, Silahkan anda klik Generate Policy maka akan muncul jendela baru di browser anda yang berisi privacy policy blog anda. Teks privacy policy tersebut bisa anda langsung Copy kedalam blog anda namun lebih baik anda mengCopy-nya dalam bentuk HTML agar semua element tercover. Untuk meng-Copy privacy policy dalam bentuk HTML silahkan anda lihat bagian bawah dan klik tombol Generate HTML for this page. Silahkan anda copy dan paste-kan kedalam blog anda.

    Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog2

Cara Memasang Halaman Privacy Policy ke Halaman Statis Blog
Setelah anda meng-Copy kode HTML privacy policy tadi, maka langkah selanjutnya anda tinggal memasangnya di halaman statis blog anda. Untuk langkah-langkahya ikuti tutorial di bawah ini:
  1. Silahkan anda Login ke Blogger
  2. Klik Laman>>Laman baru
  3. Berilah judul laman dengan "Privacy policy" atau "Kebijakan Privasi" ataupun yang lainnya sesuai dengan keinginan anda. Dan pastekan kode HTML Privacy Policy-nya di mode tab HTML seperti pada gambar di bawah ini :

    Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog3

  4. Klik Publish

Setelah anda publish, silahkan anda lihat hasilnya dan selamat kini anda telah memiliki privacy policy blog sendiri.

Kesimpulan:
Halaman privacy policy merupakan salah satu halaman penting yang wajib ada disetiap blog atau website selain halaman About, Contact Us, Disclaimer, dan T.O.S.

Untuk membuat halaman privacy policy di blog ada banyak sekali caranya, bisa anda buat secara manual dengan menuliskan kata-katanya sesuai dengan keinginan anda sendiri atau juga bisa di buat secara online dengan memanfaatkan layanan dari http://www.privacypolicyonline.com/

Untuk isi dari halaman privacy policy di blog sebenarnya tidak harus memakai bahasa Inggris tetapi juga bisa dengan menggunakan bahasa Indonesia. Jika blog atau website anda berbahasa Indonesia silahkan gunakan halaman privacy policy blognya dengan bahasa indonesia. (Dengan cara mentranslatenya terlebih dahulu) namun jika malas biarkan saja dengan tetap berbahasa Inggris toh tidak ada masalah.

Dengan membuat dan memasang halaman privacy policy di blog maka blog anda akan terlihat lebih profesional.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel singkat ini yang berjudul "Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Blog". Semoga artikel yang singkat ini bermanfaat dan menambah ilmu serta wawasan anda.


Salam sukses & Happy  Blogging!!!

Artikel Terkait

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog Caraono.com

1. Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan
2. No Link Aktif
3. Mohon Maaf apabila ada pertanyaan anda yang belum atau tidak bisa dijawab karena saya manusia biasa bukan Google


Thanks for visiting and the comment :)
EmoticonEmoticon