12/07/2017

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Gmail ? Reset dengan Nomor HP

#[Solusi] Jika Lupa Kata Sandi Gmail ? Reset dengan Nomor HP

Ada salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang yang mempunyai banyak akun sosial ataupun non sosial yaitu sering lupanya password atau lupa kata sandi dari setiap akun-akun yang digunakannya.

Ada orang yang lupa kata sandi email gmail, ada orang yang lupa kata sandi email yahoo, ada orang yang lupa kata sandi akun facebook, ada orang yang lupa kata sandi akun twitter, ada orang yang lupa kata sandi akun intagram dan ada juga orang-orang yang lupa kata sandi dari akun-akun yang lainnya.

Semakin banyaknya akun-akun yang dimiliki oleh seseorang maka semakin banyak pula password atau kata sandi yang harus diingatnya untuk masuk kesetiap akun-akun tersebut dan semakin terbuka lebar peluang untuk lupa password dari setiap akun-akun yang dia gunakan.

Lupa password atau lupa kata sandi merupakan suatu hal biasa dan wajar karena hal itu manusiawi namun hal itu bisa kita atasi dengan mencatat setiap username dan password dari akun-akun yang kita gunakan.

Pada artikel kali ini, penulis ingin berbagi tutorial dan pengalaman dalam mengatasi masalah "Lupa Kata Sandi atau Password Gmail".

Hampir satu bulan lebih penulis sudah membuat akun email Gmail baru dan selama rentang waktu itu pula penulis belum login atau masuk kembali ke akun email Gmail tesebut.

Nah, pada saat mau masuk dan membuka akun email Gmail baru tersebut saya kesulitan untuk loginnya, setiap kali password atau kata sandi yang saya masukkan atau ketikkan selalu saja salah walaupun sudah saya coba berulang-ulang kali saya ketikan dari berbagai kombinasi password yang saya ingat pada waktu itu, tapi tetap saja tidak berhasil dan hal itu membuat saya sedikit kezzel...!!!

Tapi hal itu, bukan lagi menjadi suatu masalah bagi saya, karena pada akhirnya saya berhasil membuka akun email gmail baru tersebut dan saya akan tuliskan dalam tutorial di bawah ini.

#Lupa Password atau Kata Sandi Email Gmail
Untuk mengatasi masalah dari lupa password atau kata sandi email Gmail ada tiga cara yang bisa anda gunakan yaitu (1)Dengan cara mereset atau menyetel ulang password Gmail dengan nomor Hp pemulihan, (2)Dengan cara mereset atau menyetel ulang password Gmail dengan email pemulihan, dan terakhir (3) Dengan cara mereset atau menyetel ulang password Gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan.

Namun pada sesi tulisan kali ini, penulis ingin berbagi tutorial cara mereset password gmail dengan nomor HP pemulihan dan adapun cara mereset atau meneyetel ulang password email gmail yang lainnya akan di bahas pada sesi artikel selanjutnya.

#Cara Reset password email Gmail dengan nomor HP pemulihan
Untuk mereset atau menyetel ulang kata sandi atau password email gmail anda yang lupa. Silahkan anda ikuti langkah-langkah tutorial di bawah ini :

  1. Silahkan anda pergi ke laman https://accounts.google.com/signin/recovery
    Kurang lebih tampilan gambarnya seperti di bawah ini :

    *Jika tampilan lamannya berbahasa Inggris, Silahkan anda ubah pengaturan bahasanya ke Bahasa Indonesia agar lebih mudah di pahami.
  2. Masukkan alamat email Gmail anda yang ingin di reset passwordnya ke dalam kolom yang tersedia

    Setelah itu, silahkan anda klik tombol "Berikutnya" 
  3. Setelah anda mengklik tombol "Berikutnya", maka akan muncul halaman baru yang berisi berupa pertanyaan-pertanyaan verifikasi dari google, silahkan anda klik tombol "coba pertanyaan yang lain"

    Hingga muncul pertanyaan verifikasi seperti gambar di bawah ini :

    Jika Gambar yang muncul seperti gambar di atas, silahkan anda masukan nomor HP Recovery atau nomor HP yang anda gunakan untuk memulihkan akun email Gmail anda. ATAU Jika Gambar yang muncul seperti gambar di bawah ini

    Silahkan anda pilih dan klik tombol "Kirim SMS" atau "Dapatkan Panggilan Telepon". Agar lebih mudah pilih dan klik saja tombol "Kirim SMS"
  4. Setelah itu, silahkan anda masukkan nomor HP pemulihan anda kedalam kolom yang tersedia. Seperti gambar di bawah ini :

    Jika sudah anda isi dengan nomor HP pemulihan, setelah itu anda klik tombol "Kirim SMS"
  5. Setelah itu Google akan mengirimkan SMS ke nomor HP anda, SMS yang dikirimkan oleh Google berupa kode verifikasi akun. Silahkan anda cek sms yang masuk ke nomor HP anda. setelah itu silahkan anda masukkan kode Verifikasinya kedalam kolom yang tersedia. Kira-kira tampilannya seperti di bawah ini

    Setelah itu klik tombol "Berikutnya"
    Catatan: "(Jika belum mendapatkan kode Verifikasi dari Google silahkan anda klik "kirim ulang kode")"
  6. Setelah anda memasukkan kode Verifikasi Google dan mengklik tombol berikutnya, maka akan muncul  halaman baru yang meminta anda untuk membuat kata sandi atau password baru untuk email gmail anda. Kira-kira tampilannya seperti di bawah ini :

    Setelah anda selesai membuat kata sandi atau password baru Gmail anda, maka langkah selanjutnya klik tombol "Ubah Sandi"
  7. Setelah anda mengklik ubah sandi, maka proses reset pun selesai.
    Nanti akan muncul halaman baru "Amankan Akun" atau halaman yang semisalnya. Halaman ini berisi perintah untuk mereview kembali lagi opsi pemulihan akun email gmail anda. Apakah nomor HP pemulihan atau email pemulihan akun email Gmail anda mau diubah atau tidak. Untuk tampilannya seperti di bawah ini :

    Jika sudah mereview opsi pemulihan akun email Gmail. Silahkan anda Klik Selesai dan akan muncul halaman seperti di bawah ini

    Selamat proses reset password email Gmail telah selesai.


Syarat & Ketentuan Menggunakan Tutorial di atas :
Tutorial di atas akan berhasil jika anda :

  1. Sudah pernah mendaftarkan atau menambahkan Nomor HP yang dapat digunakan untuk memulihkan akun email gmail anda jika akun tersebut terkunci atau lupa password. Pada umumnya, biasanya ketika pertama kali membuat email Gmail, pihak google akan meminta nomor HP anda yang akan digunakan jika sewaktu-waktu ada masalah terhadap akun anda.
  2. Sudah pernah menambahkan Email recovery atau email pemulihan dan penjelasannya kurang lebih seperti dipoint pertama.
  3. Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan verifikasi bahwa itu akun email Gmail milik anda, seperti Kapan akun email gmail tersebut di buat ? dan lainnya

Kesimpulan :
Jangan panik, ketika anda lupa password Gmail dan tidak bisa masuk ke akun Gmail milik anda. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kembali akun email Gmail anda, salah satu caranya ialah dengan cara mereset atau menyetel ulang kata sandi gmail anda dengan nomor HP pemulihan dan anda tinggal mengikuti setiap perintah petunjuk-petunjuknya saja, dan setelah itu anda akan mendapatkan akun email Gmail anda kembali .

Salah satu cara untuk menghindari dari lupa password Gmail adalah cobalah anda catat setiap username dan password dari setiap akun-akun yang anda miliki.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca arikel yang berjudul "#[Solusi] Jika Lupa Kata Sandi Gmail ? Reset dengan Nomor HP". Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.


Salam sukses untuk kita semua...!!!.
#Lupa password Gmail

Artikel Terkait

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog Caraono.com

1. Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan
2. No Link Aktif
3. Mohon Maaf apabila ada pertanyaan anda yang belum atau tidak bisa dijawab karena saya manusia biasa bukan Google


Thanks for visiting and the comment :)
EmoticonEmoticon