14/12/2017

Cara Mudah Backup Data Postingan Artikel Blog Lengkap

Cara Mudah Backup Semua Data Postingan Artikel Blog Lengkap

Sebenarnya, cara backup semua data postingan artikel blog di blogspot itu sangat mudah. Namun sayang, masih banyak blogger khususnya blogger pemula yang tidak mengetahui caranya. Nah, bagi anda yang ingin melakukan backup data postingan artikel blognya. Silahkan anda melanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.

Sebagai seorang blogger, tentu kita menyadari bahwa blog yang kita buat, kita bangun dan kita kembangkan dengan masih menggunakan layanan blog gratis dari blogger (blogspot) sejatinya itu bukanlah blog milik kita, tetapi milik Google selaku pemilik asli blogger .

Walaupun kita tidak memiliki hak penuh terhadap blog kita sendiri, namun oleh Google selaku pemilik asli blogger, kita diberi keleluasan bebas untuk mengelola blog kita sendiri dengan mempercantik tampilan blognya dan mengisinya dengan berbagai artikel yang kita suka, namun dengan syarat tidak melanggar segala peraturan dan kebijakan yang telah di keluarkan oleb Blogger.

Jika kita selaku blogger (pengelola blog) tidak menta'ati atau sering melanggar setiap kebijakan dan peraturan yang telah dikeluarkan oleh Blogger maka jangan heran apabila blog kita di hapus oleh Google tanpa ada peringatan terlebih dahulu dan hal ini sudah sering terjadi dan banyak memakan korban pada blog-blog terdahulu.

Oleh sebab itu, kita selaku blogger wajib melakukan backup semua data postingan artikel blog kita secara berkala, hal ini bertujuan untuk jaga-jaga apabila blog kita dihapus oleh google suatu saat nanti yang kita tidak tahu kapan waktunya.

Jika kita tidak melakukan backup data postingan artikel blog, dan tiba-tiba saja blog kita dihapus oleh Google, tentu itu akan mengakibatkan kita stress, sakit hati, dan galau berkepanjangan terlebih lagi jika blog kita sudah berisi postingan artikel yang jumlahnya sudah ratusan bahkan ribuan hilang begitu saja seperti hembusan angin. (itu sungguh sangat...sangat....menyakitkan...!!!)

Untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang tidak di inginkan terjadi menimpa blog anda, maka kiranya anda perlu mencadangkan atau membackup semua data artikel blog anda secara berkala agar nantinya ketika postingan artikel blog anda hilang maka anda dapat dengan mudah mengembalikan / impor / restore artikel blog anda yang sudah terhapus itu menjadi seperti sediakala sebelum blog anda dihapus oleh Google.

Nah, pada artikel kali ini admin akan memberikan panduan tutorial cara mudah membackup semua data postingan artikel blog di blogspot. Silahkan anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

#Cara Backup Semua Data Postingan Artikel Blog di Blogger
  1. Pertama, silahkan anda login ke Blogger
  2. Pada Dashboard Blogger, Klik menu Setelan Lalu pilih Lainnya
    #Cara Backup Semua Data Postingan Artikel Blog di Blogger
  3. Pada Sub Menu Lainnya, Perhatikan menu Impor & Backup, silahkan anda pilih Backup Konten
    #Cara Backup Semua Data Postingan Artikel Blog di Blogger1
  4. Setelah itu akan muncul pop up baru, silahkan anda klik Simpan ke Komputer
    #Cara Backup Semua Data Postingan Artikel Blog di Blogger2
  5. Tunggu hingga selesai proses unduhan atau download file backup konten blog anda
  6. Jika sudah selesai, maka anda akan mendapatkan file back up konten blog anda dalam format xml.

Tambahan:
Dan jika suatu saat nanti blog anda di hapus oleh Google dan anda ingin mengembalikan lagi semua data postingan artikel blog yang hilang tersebut ke dalam blog baru. Silahkan anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

#Cara Impor Semua Data Postingan Artikel Blog di Blogger
  1. Pertama, silahkan anda login ke Blogger
  2. Pada Dashboard Blogger, Klik menu Setelan Lalu pilih Lainnya
  3. Pada Sub Menu Lainnya, Perhatikan menu Impor & Backup, silahkan anda pilih Impor Konten
    #Cara Impor Semua Data Postingan Artikel Blog di Blogger


  4. Setelah itu akan muncul pop up baru, silahkan anda klik centang pada CAPTCHA untuk membuktikan bahwa anda bukan robot.

    Lalu pada pilihan Automatic publish sebaiknya anda hilangkan tanda centang untuk menghindari penertbitan artikel secara berantai atau otomatis (Bisa dianggap Spam oleh Google)

    Setelah itu, anda klik Impor dari Komputer, lalu anda cari dan pilih file XML backup konten yang akan digunakan untuk merestore atau mengembalikan data postingan artikel blog anda yang hilang.
    #Cara Impor Semua Data Postingan Artikel Blog di Blogger2
  5. Tunggu hingga proses upload selesai
  6. Jika sudah selesai, maka anda akan mendapatkan semua data postingan artikel blog anda yang hilang sebagai post draft yang nantinya siap untuk anda terbitkan di blog baru.

Demikianlah artikel cara mudah backup semua data postingan artikel blog di blogspot. Silahkan anda melakukan backup data pada blog anda dan lakukanlah secara berkala, misalnya saja sebulan sekali.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel singakat ini yang berjudul "Cara Mudah Backup Semua Data Postingan Artikel Blog Lengkap". Semoga informasi yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.


Salam sukses untuk kita semua.
Happy Blogging....!!!

Artikel Terkait

1 comments so far

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog Caraono.com

1. Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan
2. No Link Aktif
3. Mohon Maaf apabila ada pertanyaan anda yang belum atau tidak bisa dijawab karena saya manusia biasa bukan Google


Thanks for visiting and the comment :)
EmoticonEmoticon